Cara Handle Saat Mengirimkan Isi Parameter Kosong PHP -->

Cara Handle Saat Mengirimkan Isi Parameter Kosong PHP

Advertisement



Advertisement


Cara handle parameter kosong
Pasti sekarang anda menemui kendala pada saat ingin menghandle parameter ketika dikirimkan melalui sebuah form dengan tipe method GET maupun POST ? Dari artikel ini kita akan membahasnya secara lengkap dan semoga permasalahan tersebut dapat dituntaskan dengan mudah setelah membaca artikel ini .

Lanjut ke pembahasan,
Mungkin sekarang anda akan menanyakan seperti ini :
A : Pada saat mengirimkan sebuah parameter pada Form kenapa muncul  seperti "Notice: Undefined index: as in E:\htdocs\lat_php\handle_error_php\proses.php on line 2 ", dimana ya kesalahanya ?
A : Bagaimana cara menghandle penangkapan parameter kosong di PHP ?

Pastinya jika kita menghandle error pada program PHP kita sering menggunakan error_reporting(1);, tentunya jika kita menambahkan kode tersebut Error kita menjadi hilang dan betul memang jika error program kita akan hilang, tetapi mungkin juga bisa jadi di sesi selanjutnya mungkin kita akan kebingungan sendiri dengan fitur / halaman yang tidak bekerja .

Solusi terbaik adalah cari dahulu kode program mana yang salah dan perbaiki segera dan jangan gunakan error_reporting(1) jika memang kode tersebut tidak perlu .

Jika saat kita mengirimkan parameter dan hasilnya muncul error seperti ini contohnya " Notice: Undefined index: as in E:\htdocs\lat_php\handle_error_php\proses.php on line 2 " maka sebaiknya cek ulang pada saat anda menangkap parameternya .

Bagaiamana untuk menghandle pengiriman parameter kosong  pada PHP ?

Caranya cukup mudah,
Langsung saja anda menuju penangkapan parameter PHPnya, sebagai contoh :
<?php
$ab = $_POST['nama'];
?>

dan ganti menjadi :
<?php
$ab = isset($_POST['nama']) ? $_POST['nama'] : "";
?>
Contoh kode diatas menggunakan kondisi if else , maksud kode diatas adalah jika parameter Nama itu terisi dan ada valuenya maka parameter itu akan terisi dan jika kosong maka akan menampilkan parameter kosong .
Sudah jelas sekarang ? apa ada yang perlu dipertanyakan ?

Jika sudah jelas, silahkan terapkan pada penangkapan parameter kode PHP anda .
Semoga bermanfaat .
Advertisement


Advertisement
LihatTutupKomentar