Memahami apa itu Selector pada JQuery -->

Memahami apa itu Selector pada JQuery

Advertisement



Advertisement

JQuery selector
          Selector merupakan skrip yang digunakan untuk memilih sebuah elemen HTML yang nantinya akan di manipulasi oleh JQuery script. Selector pada JQuery di tulis di dalm kurung setelah tanda dollar.
Belum mengeti JQuery ?, silahkan baca :  Pengertian JQuery dan fungsinya .

Format penulisanya sebagai berikut :
$('selector')

Ada banyak selector pada dalam JQuery, berikut merupakan daftar beberapa Selector :

Selector JQuery

Selector Tag => Digunakan untuk memilih tag HTML dengan cara menuliskan nama tag-nya langsung. Misalnya me-milih tag <p>, maka ditulisnya menjadi :
$('<p>')

Selector Class => Digunakan untuk memilih tag HTML yang memiliki tag HTML yang memiliki attribut class tertentu. Cara penulisanya dengan menaruh tanda titik (.) sebelum nama class, Misalnya memilih tag <div class="baru">, maka penulisan selector menjadi :
$('.baru') atau $('div.baru')

Selector Id =>Digunakan untuk memilih sebuah elemen HTML yang memiliki attribut id, Cara penulisanya juga hampir sama dengan Selector Class, yaitu menaruh tanda pagar (#) sebelum nama id, Misalnya memilih tag <div id="selectId"></div>, maka penulisan selector :
$('#selectId')

:first => Digunakan dalam memilih elemen yang disebutkan sebelumnya pada urutan yang pertama. Misalnya memilih tag yang pertama, maka penulisanya menjadi :
$('p:first')

:last => Sama halnya dengan Selector :first, tetapi Selector ini akan memilih urutan elemen yang terakhir, penulisanya sebagai berikut :
$('p:last')

:even => Digunakan untuk memilih tag HTML yang dimana urutan elemenya pada urutan ganjil .

:odd = > Sama seperti dengan even, tetapi pada Selector ini untuk memilih sebuah elemen pada urutan genap dari tag HTML yang disebutkan sebelumnya .

:checked => Fungsinya untuk memilih checkbox yang sedang dicentang, baca juga : Membuat password Show / Hide Checkbox Click dengan JQuery .

:hidden => Digunakan untuk memilih elemen HTML yang sedang disembunyikan, dalam artian terhidden .

not(selector) => Digunakan untuk memilih tag HTML yang tidak dipilih oleh selector yang terletak di dalam kurung. Misalnya memilih tag yang tidak memiliki class="hijau", maka penulisanya menjadi :
$('p:not(.hijau)')


Itulah beberapa Selector JQuery yang mungkin bisa anda cerna dan diterapkan langsung di file programming anda .

Semoga bermanfaat .
Advertisement


Advertisement
LihatTutupKomentar